11 Contoh Surat Untuk Sahabat Sejati Selamanya

sop keuangan

Surat adalah salah satu bentuk komunikasi yang hingga sekarang masih digunakan, baik untuk keperluan formal maupun non formal, misalnya untuk bisnis dan sahabat sejati.

Bahasa, istilah, diksi dan gaya penulisan yang dibuat untuk sahabat, teman, atau kawan akrab tentunya akan berbeda dengan surat bisnis.

Seperti apa bentuk dan format surat untuk sahabat, kawan, dan teman sejati? Yuk baca dan pelajari contoh-contoh berikut ini:

 

01: Contoh Surat Non Formal untuk Sahabat Kecil yang akan Berpisah

Jenis surat ini menggunakan bahasa non formal yang menunjukkan keakraban sebagai seorang teman dekat. Untuk jelasnya perhatikan sajian berikut ini:

“ Salam sejati,

Hai Bro, bagaimana kabar lu saat ini? Gue berharap lu dan keluargamu baik-baik saja, selalu dalam lindungan-Nya.

Masihkah ingat saat kita main bola saat hujan deras di lapangan kampung dulu? Sangat menyenangkan dan mengesankan ya. Kapan bisa seperti itu lagi kawan?

Memang, kehidupan akan terus berjalan, ada kita atau tidak. Betul kan? So, hal terpenting adalah mengisi sesuatu yang bermanfaat selama jatah usia yang telah diberikan kepada kita. Siklus kehidupan akan terus berputar sampai titik pemberhentian yang telah ditentukan.

Kita dilahirkan, balita, remaja, dewasa, menua dan akhirnya meninggalkan dunia fana ini. Waktu kecil kita punya banyak sahabat, lu, budi, agus dan nama-nama lain yang sudah tidak gue ingat lagi. Namun gue tidak akan terlupakan bila melihat, melihat kembali wajah-wajah mereka.

***

Gue masih teringat saat bermain di pematang sawah, berloncatan di atas bebatuan sungai Kalibening yang waktu itu airnya benar-benar bening, lalu istirahat di Kalianget yang dikelilingi hutan pinus….

Peristiwa-peristiwa itu tak akan terlupakan, hingga gue tuliskan surat ini. Suasana akrab yang terbangun secara tulus tanpa ada terbersit niatan jahat, semua mengalir seperti sungai Kalibening, suasana seperti itulah yang gue rindukan.

Sarana dan prasarana komunikasi saat ini berlimpah dengan menawarkan berbagai kemudahan, namun tetap saja suasana, kondisi, situasi, dan pengalaman yang pernah kita lalui saat masa kecil itu tidak bisa tergantikan. Dunia virtual tak bisa menggantikan pengalaman batin yang terbentuk saat menjalani kebersamaan ketika itu. Itu nyata.

So, walaupun singkat goresan tulisan ini mudah-mudahan bisa menjadi penyejuk dan pencerah sebelum cahaya menyentuh hati kita.

Maturnuwun

Sahabat sejatimu, Budi.”

 

02: Teks Surat Singkat untuk Sahabat Pena yang sedang Sakit Terkena Bencana

sahabat sejati

Dan berikut ini disajikan contoh surat yang ditujukan untuk sahabat yang sedang sakit:

“Syafakallah, Semoga Alloh menyembuhkanmu sobat,

Kita berasal dari-Nya, dan akan kembali ke haribaan-Nya. Tak menimpa suatu penyakit kecuali ada kebaikan dan kemuliaan dibaliknya, so dirimu kudu kuat, tahan, terus berupaya serta bersabar. Yakinlah itu akan membuat kamu semakin mulia, bukan dijatuhkan lalu ambyar tak berbekas… bukan, bukan seperti itu kawan.

Kasih sayang-Nya masih dan terus terhampar di panggung dunia ini, sebesar apapun kesalahan kita, sebesar apapun kekhilafan kita, Beliau masih sudi memaafkannya. Terusa dan jangan putus atas karunia-Nya.

Kamu masih ingat kan, kala kita dan kawan-kawan di kampung halaman main gundu di halaman rumahmu. Si Amran berteriak keras, “Kena!”. Si Amir diam serius kayak politikus ulung, dan Si Dino ketawa-ketawa hingga tak terasa, kelerengnya berhamburan dari saku bajunya yang robek. Dan tiba-tiba berhamburan saat orang tua kita datang, indah.

Kebersamaan tulus ini semoga akan terus terjalin hingga di surga-Nya, tak memandang peran apapun yang dilekatkan dari masing-masing kita di dunia. Kamu yang diberi tugas menjadi seorang ahli medsos, aku yang ditugasi untuk menjadi seorang konsultan akuntansi keuangan, Dino sebagai saudagar minyak goreng, dan Amran sebagai pejabat, semua akan bermuara pada satu tujuan yaitu kemulian.

Sebagai sahabat sejati, aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk kawan…

Sahabat penamu, aku.”

 

03: Contoh Surat Ungkapan Perasaan Rindu untuk Sahabat Dekat

Bagaimana jika kerinduan kepada sahabat sudah tak tertahankan? Nangis guling-guling sambil memanggil namanya? Telpon? Video call? Atau mengirim surat via perusahaan ekspedisi? Kalau menggunakan alat-alat komunikasi canggih mah sudah bisa, setuju. Oleh karena itu saya berikan contoh surat berikut ini:

“ Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Obat paling mujarab dari perasaan rindu adalah bertemu dengan orang yang dirindukan. Demikian pula kerinduan kepada seorang sahabat dekat akan segera terobati jika bersua denganmu teman…

Semakin dekat jarak yang harus ditempuh, maka upaya yang diperlukan untuk menjangkaunya pun tak banyak, tapi sebaliknya, jika jarak semakin jauh, tenaga yang dikeluarkan juga semakin besar. Upaya menempuh jarak sejengkal sangat jauh berbeda dengan seratus meter.

Dengan berbagai kondisi yang tak selalu memungkinkan ini, maka seperti pepatah populer ‘tak ada rotan, akar pun jadi’, dan coretan surat ini kutulis. Harapanku,melalui untaian kata dan kalimat ini sedikit rasa rindu ini bisa terobati.

Rumus kehidupan menyatakan bahwa tak ada yang abadi, sekalipun ada yang mengatakan bahwa yang abadi adalah perubahan, namun sesungguhnya itu pun masih rancu. Hanya Yang Maha Abadi yang benar-benar abadi, lainnya fana alias sementara.

Agar kedekatan persahabatan kita ini abadi, yuk kita terus berusaha mendekat kepada Yang Maha Abadi, sehingga jalinan ini akan terus erat hingga sampai pada kehidupan setelah di dunia ini. Aamiin.

Kawan dekatmu, Budi.”

 

04: Contoh Surat untuk Sahabat Cowok yang Sudah Lama Tidak Bertemu

Seringkali dalam perjalanan kehidupan ini kita bertemu dengan berbagai macam orang. Saat kita masih kecil, teman-teman kita seringkali berbeda dengan saat dewasa, demikian juga ketika kita tua.

Bagaimana format surat yang ditujukan untuk sahabat yang sudah lama tidak ketemu? Begini contohnya:

Salam sahabat sejati,

Kesehatan dan kesejahteraan semoga selalu menyertai dirimu dan keluarga, aamiin.

Sudah lamah ya kita tidak bertemu, ayo kapan kita ngumpul-ngumpul lagi? Tempatnya dan waktunya bebas saja, bisa hari libur atau hari kerja, bagiku tidak masalah, karena kebersamaan tidak bisa dinilai dengan uang, betul kan?

Rasanya sangat membahagiakan bila moment-moment seperti dulu, saat kita berjuang bareng untuk lepas dari kesengsaraan hidup, berjuang untuk bangkit dari kesulitan demi kesulitan. Makan apa adanya, kadang cuma nasi dan sepotong ikan asin. Mie instan dan sarden menjadi menu istimewa bagi kita.

Dan seiring dengan perubahan waktu dan ruang akhirnya memisahkan kita untuk menjalani takdir satu ke takdir yang lain. Perpisahan fisik ini tak menjadi masalah bagi kita, komunikasi masih bisa terus dilakukan. Surat ini salah satunya.

Komunikasi ini makin hari makin baik seiring dengan perkembangan alat komunikasi dan media sosial. Namun semua itu tak bisa menggantikan kebersamaan dalam dunia nyata, bukan dunia maya. Harapanku suatu saat kita bisa berkumpul kembali dengan orang-orang yang kita cintai. Aamiin.

Sahabatmu, Gono.

 

05: Contoh Membuat Surat Pribadi untuk Sahabat yang akan Menikah

sahabat dekat

Pernikahan adalah peristiwa penting bagi sebagian besar orang, sehingga berbagai hal disiapkan menjemput datangnya hari itu. Harta dan tenaga dikeluarkan untuk menghadapi moment tersebut, bagaimana seorang sahabat sejati mengapresiasi temannya yang akan mau menikah? Perhatikan tulisan berikut ini:

Hai guys, bagaimana kabarnya? Dengar-dengar kamu akan menikah dengan Maemunah bulan depan ya? Selamat ya moga sakinah, mawaddah, warahmah dan menjadi kebaikan bagi dirimu serta orang-orang di sekitarmu.

Sakinah bisa tercapai kala kamu dan isterimu berjalan saling memahami satu dan lainnya. Proses ini bisa dijalani dalam beberapa bulan atau tahun, tergantung dari kalian berdua.

Misalnya nih, kamu berasal dari Jogja yang suka makan manis, sedangkan isterimu asalnya dari Jawa Timur yang cenderung senang makanan yang rasanya asin. Demikian juga dengan latarbelakang pendidikan, bila isterimu lulusan manajemen keuangan, bisa jadi akan berbeda pandangan dengan dirimu yang kuliah di pertanian.

Jika kalian tidak ada yang mengalah dengan seleranya masing-masing, maka tiap hari bisa jadi ramai. Namun sebaliknya, jika kalian berdua saling menyadari, menghargai, dan belajar satu sama lain, maka dalam keluargamu akan terwujud kebahagiaan dan kedamaian.

Mawaddah dan warahmah menjadi buah dan hadiah dari perjuanganmu dan isterimu yang tak kenal lelah mewujudkan keluarga yang sejahtera, damai, dan bahagia.

Sekali lagi saya sebagai seorang teman hanya bisa mengucapkan “selamat”, semoga semua harapan baikmu membentuk keluarga menjadi kenyataan. Aamiin.

Temanmu, Widi.”    

 

06: Contoh Surat untuk Sahabat Sekolah Dasar (SD) yang Sudah Lama Tidak Bertemu

Perhatikan contoh berikut ini:

Assalamu’alaikum wrwb,

“Piye kabare rek?” Dua puluh satu tahun lebih kita tidak pernah berjumpa, baik melalui Facebook, Twitter atau medsos yang lain. Tak mengapa ya rek, yang penting hati kita masih tetap tersambung dan terhubungan dengan alat komunikasi lain.

Hari-hari terakhir saat kita berpisah di gedung pertemuan sekolah dasar(SD) itu, kamu bersama bapak ibumu bersiap-siap mendaftar sekolah menengah pertama (SMP) di luar kota. Kamu tidak bisa menolaknya, karena orang tuamu dipindahtugaskan ke luar kota.

Aku masih tetap di sini, melanjutkan bersekolah di sebuah sekolah lanjutan pertama dekat tempat tinggalku, salah satu akibat positif sistem zonasi menjadikan aku sekolah dekat rumah. Akibat selanjutnya adalah tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, dan oran tuaku senang karena bisa memantau anaknya setiap waktu.

***

Tiga tahun kemudian aku melanjutkan ke sekolah menengah atas (SMA). Terpaksa aku memilih sekolah yang agak jauh dengan tempat tinggalku, karena di lingkunganku belum ada SMA negeri. Awal-awal masuk sekolah sudah disibukkan dengan berbagai kegiatan, sehingga tidak kepikiran untuk menghubungimu, baik melalui surat ataupun HP.

Semester kedua aku mulai mencari-cari informasi mengenai kamu. Dan ternyata kamu sudah berpindah kota lagi sehingga terputuslah semua kabar tentangmu. Baru awal bulan kemarin si Rita, teman satu kelas kita dulu, memberikan informasi mengenai keberadaanmu, sehingga aku goreskan coretan dalam selembar kertas kuarto ini.

Kiranya cukup sekian dulu tulisan dari saya ini. Aku berharap hubungan persahabatan ini tidak akan terputus hingga akhir nanti.  

Wassalam

Sahabat SD-mu, Bela. “

 

07: Contoh Surat untuk Sahabat Pena Jauh di Luar Kota yang Ulang Tahun

Peringatan hari lahir seseorang biasanya diadakan setiap tahun sekali, ada yang dilakukan dengan suasana gemerlap dan mewah, namun sebaliknya banyak juga yang diperingati dengan cara sederhana, cukup selamatan dengan makan-makan ala kadarnya, yang penting ‘makna’ yang terkandung di dalamnya.

Dan berikut ini contoh surat yang dibuat untuk seseorang untuk sahabatnya yang akan ulang tahun:

“Panjang umurmu, panjang umurmu, panjarng umurmu, moga mulia sobatku.

Semakin bertambah umur kita pada hakekatnya jatah usia hidup kita makin berkurang. Bila kita telah menyadarinya maka dalam menjalani perjalanan hidup ini tidak seenaknya sendiri, tapi makin hari makin berhati-hati dan baik serta bermanfaat bagi sesama penghuni bumi, baik sesama manusia maupun hewan dan tumbuhan.

Apalah artinya jika hidup ini hanya ‘glundung’ tanpa tujuan dan cita-cita. Apalagi yang ‘hanya’ untuk mengisi waktu.

Saya yakin bahwa Tuhan Sang Maha Pencipta tidak main-main menciptakan kita dan tidak juga sekedar iseng untuk mengisi waktu, tapi ada maksud tertentu tujuan Beliau membuat kita di bumi ini. Jangan sampai kelak ketika ditanya pertanggungjawaban selama di dunia itu hanya ‘planga-plongo’ kebingungan sendiri terus ambyar.

Sobat dekatku yang baik hatinya, yuk kita terus melakukan introspeksi dan merenung ketika usia semakin bertambah, agar kehidupan ini makin berarti serta bermakna dari hari ke hari. Dan pada saatnya nanti kita bisa mempertanggungjawabkan semua aktivitas kita di hadapan Sang Khalik.

Di moment yang membahagiakan ini, saya sebagai teman dekatmu hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk dirimu dan orang-orang disekitarmu.

Sahabat penamu, Nakira.”

 

08: Contoh Membuat Surat untuk Sahabat Sejati tentang Cuaca

teman belajar

Pembicaraan tentang cuaca tidak ada akhirnya, mirip seperti aneka gosip yang muncul setiap hari, gosip tentang binary option, crypto, NFT, perang Rusia vs Ukraina dan lainnya, asik dan mengasikkan. Tak terkecuali ngomongin tentang cuaca dengan teman dan sahabat sejat, seperti contoh berikut ini:

“Hai kawan, sedang bagaimana cuaca hari ini di kotamu? Moga-moga cerah, secerah wajahmu yang sering nampak di account media sosialmu. Wajah alami lugu tanpa polesan kosmetik maupun perawatan rutin ala crazy rich negeri wakanda J

Biar lugu asal sehat, bersih dan tetap percaya diri serta disyukuri hingga ujung waktu, bukankah itu semua anugerah terindah dari Yang Maha Indah. Kita kan tidak bisa memilih bentuk wajah, body, volume otak dan kekayaan. “Wis opo jare Gusti Alloh” begitu kata simbah-simbah kita dulu.

Demikian juga dengan cuaca, Dialah yang menciptakan, untuk apa kita ikut mengurusinya, mau cuaca cerah monggo, gerimis rintik-rintik okay, hujan deras tanpa henti pun no problem, nikmati saja semuanya hingga akan menjadi keberkahan bagi semua mahluk-Nya.

***

Cuaca biarkan berganti-ganti sesuka yang membuatnya. Pagi hari cerah, siang hari berawan dan sore hari hujan deras bersalju. Biarkan saja, apa bisa kita untuk mempengaruhinya? Tidak mampu kan?

So, sikap terbaik untuk menghadapinya adalah bersahabat dengannya, berbaik-baik dengannya, lalu saling membantu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Hingga kelak di kehidupan lain bisa saling membantu dalam kebaikan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tugas yang diamanahkan kepada kita selaku mahluknya.

Sebagai penutup, saya selaku teman dan sahabat hanya bisa memberikan harapan, biarpun cuaca berubah-ubah sepanjang waktu, semoga persahabatan ini tak akan berubah hingga ujung waktu.

Sahabat dekatmu, Ara.”

 

09: Contoh Surat untuk Teman Dekat di Pondok Pesantren tentang Liburan

Setelah lulus sekolah dasar (SD) teman-teman menempu jalannya masing-masing, ada yang melanjutkan ke sekolah menengah pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah, dan ada juga yang menempuh pendidikan di pondok pesantren modern maupun tradisional.

Ketika masa liburan tiba, teman-teman biasanya saling berkunjung dan bahkan mengajak jalan-jalan bareng. Sebelum waktu liburan itu tiba, mereka sudah saling memberi kabar, informasi dan berbagai hal yang akan dilakukan nanti, bisa melalui handphone maupun surat.

Dan berikut ini contoh surat yang disampaikan teman dekat yang sedang di pondok pesantren:

Assalamu’alaikum wrwb.

Bagaimana kabar antum hari ini kawan? Masih tetap sehat dan ceria memandang dunia kan? Okay sipplah kalau begitu, segelap apapun harimu, yakinlah akan ada seberkas di ujung lorong sana.

Kapan antum liburannya? Kawan-kawan sudah pada nungguin kabar dari antum loh, kata mereka antum tuh ngangenin dan bikin ramai suasana, pinjam istilah tagline iklan tempoe doeloe “nggak ada loe gak rame”. Makanya segera ya berikan kabarnya ya, agar semua teman siapkan dulu semuanya, sehingga pas liburan semuanya sudah siap, tinggal go,go,go….

Teman-teman kita sudah menganggap antum sebagai orang yang pinter agama, istilahnya dituakan. Antum yang tahu dan paham mana halal serta mana yang haram, awak dewe ini cuma ngikut saja.

***

Selain kangen, aku juga ingin tahu cerita-cerita menarik, lucu, dan inspiratif dunia pondok pesantren, seperti yang pernah antum ceritakan dulu waktu pertama kali kumpul-kumpul setelah lulus sekolah dasar (SD) sembari dengerin lagunya SIA Titanium, asik banget.

Antum pernah cerita ada temanmu makan beling atau kaca dan bola lampu tanpa mengalami luka atau sakit, persis seperti adegan jarang kepang ala Banyumasan yang sering kita tonton di perayaan tujubelasan di kampung halaman.

Ada lagi cerita temanmu yang tidak tedas ditebas senjata tajam, mirip seperti film-film silat jaman dulu yang jagoannya kebal senjata tajam. Kami kangen cerita-cerita unikmu.  

Pokoknya antum kudu pulang dan ikut kumpul-kumpul di sini ya.

Demikian coretan pendek dari teman akrabmu, semoga pertemanan ini akan selalu abadi hingga di surga-Nya. Aamiin.

Wassalam

Teman akrabmu, Sutoro.“

 

10: Contoh Surat Non Formal untuk Kawan yang Baru Kenal Bahasa Indonesia

Pernahkah kalian bertemu dengan seseorang di perjalanan, misalnya di bis, kereta, dan pesawat yang terasa langsung akrab? Kenapa bisa cepat akrab? Mungkin karena kesamaan karakter, sifat dan perilaku atau memang ada sesuatu yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, namun peristiwa itu nyata-nyata ada.

Bagaimana format surat yang ditujukan untuk orang yang baru dikenal? Berikut ini contohnya:

Hai kawan, bagaimana kabarnya?

Setelah beberapa hari lalu aku mengenalmu dalam perjalanan ke Jakarta, ternyata kamu orangnya asik dan beda dari yang lain. Karena masih penasaran mengenai dirimu, akhirnya aku tuliskan surat ini, ceritanya untuk menindaklanjuti perkenalan kemarin.

Salah satu prinsip dalam berteman yang aku pegang adalah mencari sahabat, teman, dan kawan sebanyak-banyaknya, namun jangan sampai mencari satu pun musuh.

Prinsip aku terapkan hingga detik ini, sehingga di manapun aku berada selalu saja ada teman serta sahabat baru, demikian pula yang terjadi dengan kita. Baru ketemu di kereta api beberapa jam terasa sudah bertahun-tahun lamanya.

***

Banyak manfaat yang bisa dipetik dan dirasakan dengan memiliki banyak teman di berbagai tempat antara lain:

  • Bisa menginap gratis tatkala kita kemalaman di suatu tempat.
  • Makan minum juga gratis, masa iya tuan rumah tidak akan menjamu kita sebagai tamunya.
  • Saat kita membutuhkan bantuan di manapun kita berada, ada orang-orang yang mau membantu dengan sukarela dan tulus ikhlas.

Berbagai manfaat tersebut bukanlah tujuan utama kita mejalin persahabatan, karena sifatnya rapuh dan mudah berubah, oleh karena itu bangunlah suatu persahabatan dengan dasar cinta kasih dan ketulusan.

Persamaan agama belum tentu membuat kita saling manjalin persahabatan yang damai tanpa pertumpahan darah, contohnya ada banyak negara yang seagama namun sampai hari ini terus berperang satu sama lain.

Demikian juga persamaan aqidah, tidak menjamin akan terwujud persahabatan tulus sampai ujung dunia, buktinya banyak orang yang aqidahnya sama tapi masih saja terus bertengkar sampai ada yang menumpahkan darah orang yang sama aqidahnya.

Kiranya cukup sampai disini goresan tinta ini, semoga jalinan persahabatan yang tulus ikhlas ini terus langgeng selamanya hingga ujung masa.

Sobat barumu, Eko.

 

11: Surat untuk Kawan Satu Sekolah Bahasa Jawa

Barangkali ada yang ingin tahu bagaimana contoh surat untuk sahabat yang dituliskan dengan bahasa Jawa, mari baca dan pelajari sampai tuntas contohnya berikut ini:

“Sugeng siang konco lawasku sing atine apik lan tulus,

Wektu iku, awakmu lan konco-konco liyane pada dolan ning omahku. Awakmu isik kelingan opo ora? Nalikane awakmu dan bocah-bocah liyane pada dolanan lan gojekan apa wae, gojekan bab sekolah, dolanan lan liya-liyane. Sajake jan gateng tenan, suarane krungu sampe ngarep latar omah.

***

Nanging jaman saiki suasanane wis adoh banget karo biyen. Macem-macem dolanan digital jumlahe akeh tur menarik, sehingga para generasi milenial cenderung pada milih dolanan iki, akibate jenis dolanan anak-anak jaman biyen wis ora kelingan maneh, alias hilang ditelan perkembangan jaman.

Ning ndi-ndi sing kethok pada nyekeli handphone kabeh, opo awak dewe arep niru bangsa kui, ora kan? Aku duwe ide kanggo gawe dolanan tradisional dadi menarik lan para generasi milenial pada seneng. Nek wis seneng kan bisa kenal dolanan-dolanan tradisional. Pendapatmu piye?

Yo wis sakmene bae surat iki, mugo-mugo bisa dadi apike awak dewe nggo terus berkarya kanggo tanah air, bangsa dan negara.

Konco lawasmu, Ari M.“

 

12: Contoh Surat untuk Sahabat Pena di Luar Negeri

Saya yakin banyak sahabat di sini memiliki sahabat pena di berbagai belahan dunia, mulai dari benua Eropa, Amerika, Afrika dan Indonesia. Berikut ini kami sajikan contoh surat untuk sahabat pena di luar negeri:

***

Salam dari perantauan….

Hai kawan bagaimana kabarnya, masih sehat-sehat selalu kan?

Saya berharap semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Pelindung.

Setelah kepergianmu ke luar negeri dua tahun yang lalu, dunia terasa hampa, sepi, dan sunyi seperti ditelan pekatnya malam hari. Berbagai upaya sudah aku jalani, dari yang jalan-jalan hingga membuat replikamu yang sulit untuk aku lupakan. Semuanya zonkkkk alias kosong. Sampai akhirnya aku mendapatkan informasi alamat tempat tinggalmu di luar negeri.

Surat menjadi penghubung efektif dalam persahabatan kita, setiap waktu kita bisa bertukar sapa, hingga usahamu pun aku paham.

Semoga peristiwa dan persahabatan kita akan terus terjamin hingga jatah umur kita di dunia habis. dan selanjutnya bersambung ke alam setelah kehidupan ini.

Demikian sedikit tulisan dari surat yang aku kirimkan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sahabat pena-mu

Hadi Muslimin

Kesimpulan

Surat untuk sahabat adalah jenis surat yang ditulis oleh seseorang dengan tujuan tertentu, misalnya mengucapkan hari ulang tahunnya, hari pernikahanya, serta hal-hal lainnya yang terkait dengan surat ini. Mungkin terlalu sederhana bagi beberapa orang, namun bagi yang lain mungkin sudah cukup baik, tinggal dikembangkan sesuai tujuannya.

Demikian 11 contoh surat yang bisa saya sajikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Halo, saya Warnoto. Seorang profesional lulusan ekonomi yang setiap hari berkutat dengan data-data keuangan. Tertarik dunia IT, sosial dan kepenulisan sebagai sarana berbagi pengalaman di bidang Finance & Accounting.