Contoh Soal Ruang Lingkup dan Materi Manajemen Keuangan

Contoh soal materi manajemen keuangan ini antara lain mencakup capital structure, cash budget, analisis sensitivitas, leverage, irr, leasing, opsi, reorganisasi, present value annuity, penilaian dan keputusan investasi.

Untuk lebih jelasnya yuk baca, pelajari, dan pahami contoh-contoh soal manajemen keuangan berikut.

 

A: Contoh Soal Manajemen Keuangan tentang Rasio

Berikut ini disajikan contoh-contoh soal manajemen keuangan mengenai rasio:

01: Contoh soal dan jawaban manajemen keuangan tentang saham

Total aset suatu perusahaan IT adalah 10M. Di laporan posisi keuangan atau neraca menunjukkan data-data sebagai berikut:

  • Nilai kewajiban lancar sebesar 1M,
  • Utang jangka panjang = 3M
  • Ekuitas biasa = 6M
  • Saham beredar = 800 juta lembar
  • Harga saham perusahaan = 32 per lembar

Berapa rasio nilai pasar dengan nilai buku?

Kunci jawaban = 4,2667

 

02: Contoh soal kasus manajemen keuangan ROE

Suatu perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengelolaan hasil-hasil pertanian memiliki margin laba sebesar 2 persen dan multiplier ekuitas sebesar 2 persen. Nilai penjualan sebesar 100 juta dan total aset atau aktiva perusahaan 50 juta. Hitunglah nilai ROE (return on equity).

Jawaban: 8 persen

 

03: Contoh soal BEP manajemen keuangan

PT ABC merupakan suatu perusahaan yang menjual barang-barang keperluan industri manufaktur. Dan berikut ini beberapa informasi yang diperoleh dari laporan keuangan disajikan oleh perusahaan:

  • Laba bersih = 600.000
  • ROA = 8%
  • Beban bunga = 225.000
  • Tarif pajak = 35 persen

Berapa kemampuan dasar untuk menghasilkan laba perusahaan (BEP)?

Jawaban: 15,31%

 

04: Soal tentang rasio kelipatan pembayaran bunga (TIE)

PT Ekalayang Perkasa memiliki aset 12 M, dan tarif pajak 40 persen. Rasio kemampuan dasar untuk menghasilkan laba (BEP) perusahaan adalah 15 persen, dan tingkat pengembalian atas asetnya (ROA – Return on Asset) adalah 5 persen. Berapakah rasio kelipatan pembayaran bunga (TIE) perusahaan?

Kunci jawaban: 2,25

 

05: Contoh soal risk and return manajemen keuangan

Return on equity (ROE) PT Matahati Packaging periode lalu sebesar 3 persen, namun manajemen perusahaan telah mengembangkan suatu rencana operasi baru yang meminta rasio total utang sebesar 60% sehingga menyebabkan timbulnya beban bunga tahunan sebesar 300.000.

Pihak manajemen perusahaan memprediksikan nilai EBIT sebesar 1.000.000 atas penjualan senilai 10.000.000, dan manajemen juga berharap mendapatkan rasio perputaran total aset sebesar 2.

Berdasarkan kondisi di atas, tarif pajak sebesr 34 persen. Bila PT Matahati Packaging benar-benar melakukan perubahan, hitunglah nilai pengembalian atas ekuitas perusahaan tersebut.

Jawaban: ROE = 23,1%

 

06: Contoh soal mata kuliah manajemen keuangan

Suatu perusahaan konstruksi PT Bedana Beton Indonesia membutuhkan aset 1.000.000 untuk memulai usahanya, dan perusahaan berharap akan memperoleh rasio kemampuan dasar untuk menghasilkan laba sebesar 20 persen.

PT Bedana Beton Indonesia tidak akan memiliki efek, sehingga seluruh labanya akan berasal dari laba operasi. PT Bedana Beton Indonesia memiliki pilihan untuk mendanai maksimal 50 persen asetnya dengan utang yang akan dikenakan tingkat bunga 8 persen.

Dengan mengasumsikan tarif pajak 40 persen atas seluruh laba kena pajak, berapakah perbedaan antara ROE yang diharapkan jika perusahaan mendanai 50% utangnya dengan ROE yang diharapkan bila perusahaan sepenuhnya mendanai aset tetap dengan saham biasa?

Kunci jawaban :  7,2%

 

07: Contoh soal manajemen keuangan bisnis – Rasio TIE

Pasegeran Incorporated memiliki aktiva sebesar 5M, dan tarif pajaknya adalah 40%. Rasio kemampuan dasar untuk menghasilkan laba (BEP) perusahaan adalah 10 persen, dan pengembalian atas aset (return on asset) adalah 5 persen. Hitunglah rasio kelipatan pembayaran bunga (TIE) Pasegeran Incorporated?

Kunci jawaban : 6

 

08: Contoh soal manajemen keuangan piutang

Pada saat ini, PT Balunindo Utama memiliki piutang usaha sebesar 750.000 dan jumlah hari penjualan belum tertagih atau DSO adalah 55 hari. Perusahaan ingin menurunkan DSO menjadi 35 hari dengan melakukan tekanan pada pelanggan agar membayar tagihan mereka tepat waktu.

Jika kebijakan ini diterapkan, penjualan rata-rata perusahaan akan turun sebesar 15 persen. Berapa tingkat piutang usaha setelah perubahan ini? Asumsikan jumlah hari dalam setahun adalah 365 hari.

Kunci jawaban : 405.682

 

9: Contoh soal manajemen risiko keuangan – Tingkat bunga nyata bebas risiko

Pak Andi membaca dan mengamati berita tentang SUN. Dari informasi yang ia peroleh bahwa surat utang negara 30 hari saat itu memberikan nilai imbal hasil sebesar 5,5%. Saudara dekat Pak Andi adalah seorang pialang di suatu perusahaan sekuritas. Dia memberikan estimasi premi tingkat bunga saat itu adalah sebagai berikut:

(a). Premi inflasi = 3,25%

(b). Premi likuiditas = 0,6%

(c). Premi risiko jatuh tempo = 1,8%

(d). Premi risiko gagal bayar = 2,15%

Atas dasar data-data di atas, hitunglah tingkat bunga nyata bebas risiko?

Kunci jawaban: 2,25%

 

10: Contoh soal manajemen keuangan tentang obligasi

Suatu obligasi pemerintah yang jatuh tempo dalam waktu 10 tahun memiliki imbal hasil 6 persen. Obligasi perusahaan 10 tahun memiliki imbal hasil 8 persen. Asumsikan premi likuiditas obligasi perusahaan adalah 0,5 persen. Hitunglah premi risiko gagal bayar obligasi perusahaan?

Jawaban: 1,5%

Artikel terkait : Jurnal Penyesuaian

 

11: Contoh soal IRR (Internal Rate of Return)

Tingkat bunga efek pemerintah 4 tahun saat ini sebesar 7 persen, sedangkan efek pemerintah 6 tahun memberikan imbal hasil 7,5 persen. Bila teori ekspektasi murni benar, berapakah imbal hasil yang dipercaya pasar akan diberikan oleh efek 2 tahun 4 tahun dari sekarang?

Jawaban: 8,5%

 

12: Soal materi produk persilangan inflasi

Seorang analis sedang mengevaluasi efek di sebuah negara berkembang di mana tingkat inflasinya sangat tinggi. Sebagai akibatnya, analis telah diperingatkan untuk tidak mengabaikan produk persilangan antara tingkat bunga nyata dan inflasi.

Jika tingkat bunga nyata bebas risiko adalah 5 persen dan inflasi diperkirakan sebesar 16 persen untuk masing-masing 4 tahun ke depan, berapakah imbal hasil dari suatu efek 4 tahun yang tidak memiliki risiko jatuh tempo, gagal bayar, dan likuidasi?

Kunci jawaban : 21,8%

 

13: Contoh soal inflasi

Karena resesi, perkiraan inflasi periode ini hanya menjadi 3 persen. Namun tingkat inflasi pada tahun berikutnya dan seterusnya diperkirakan akan konstan pada tingkat di atas 3%.

Jika imbal hasil dari obligasi pemerintah 3 tahun sama dengan imbal hasil 1 tahun ditambah 2 persen, berapakah estimasi tingkat inflasi setelah tahun pertama?

Jawaban: 6%

 

14: Contoh soal tentang premi risiko jatuh tempo

Seorang investor dalam efek pemerintah mengharapkan inflasi sebesar 2,5 persen pada tahun ke-1. Pada tahun kedua sebesar 3,2%, dan 3,6 persen pada tahun berikutnya. Asumsikan tingkat bunga nyata bebas risiko adalah 2,75 persen, dan ajan tetap konstan.

Efek pemerintah 3 tahun memberikan imbal hasil 6,80%. Berapakah perbedaan nilai premi risiko jatuh tempo (MRP) di antara kedua efek tersebut, atau berapakah MRP5 – MRP3?

Jawaban : 0,35%

 

15: Teori ekspektasi dan inflasi

Bila obligasi pemerintah 2 tahun memberikan imbal hasil 4,5 persen, sedangkan obligasi 1 tahun imbal hasilnya 3%, r* sebesar 1 persen dan premi risiko jatuh tempo adalah nol.

  1. Jika menggunakan teori ekspektasi, berapakah imbal hasil suatu obligasi 1 tahun, dihitung dari satu tahun dari sekarang?
  2. Hitunglah perkiraan tingkat inflasi untuk tahun ke-1 dan ke-2.

Jawaban :

  1. R1 pada tahun ke-2 = 6%
  2. I1 = 2% ; I2 = 5%

 

B: Contoh Soal Essay Manajemen Keuangan

Perhatikan contoh-contoh soal essay manajemen keuangan beserta pembahasan jawabannya berikut ini:

01: Inflasi dan Tingkat Bunga

Tingkat bunga nyata bebas risiko, r*, adalah 3 persen, dan tingkat ini diperkirakan akan tetap konstan. Inflasi diperkirakan sebesar 2 persen per tahun selama 3 tahun ke depan, dan 4 persen per tahun untuk 5 tahun berikutnya.

Premi risiko jatuh tempo sama dengan 0,1 (t-1)%, di mana t = jatuh tempo obligasi. Premi risiko gagal bayar untuk obligasi dengan peringkat BBB adalah 1,3 persen.

Pertanyaannya:

  1. Hitunglah rata-rata perkiraan tingkat inflasi selama 4 tahun ke depan.
  2. Berapa imbal hasil obligasi pemerintah 4 tahun?
  3. Berapakah imbal hasil obligasi perusahaan 4 tahun berperingkat BBB dengan premi likuiditas sebesar 0,5%?
  4. Hitunglah imbal hasil obligasi pemerintah 8 tahun.
  5. Hitunglah imbal hasil obligasi perusahaan 8 tahun dengan peringkat BBB dan premi likuiditas sebesar 0,5 persen.
  6. Bila imbal hasil obligasi pemerintah 9 tahun adalah 7,3 persen, berapakah perkiraan inflasi dalam 9 tahun?

Pembahasan jawaban soal :

(a). Rata-rata inflasi selama 4 tahun

= (2% + 2% + 2% + 2% + 4%) : 4
= 2,5%

(b). T4 = rrf + MRP4

= r* + IP4 + MRP4

= 3% + 2,5% + (0,1)3% = 5,8%

(c). G4 BBB = r* + IP4 + MRP4 +DRP + LP

=3% + 2,5% + 0,3% +1,3% + 0,5%

= 7,6%

(d). T8 = r* + IP8 +MRP8

= 3% + (3 x 2% + 5 x 4%) : 8 + 0,7%

= 3% + 3,25% + 0,7% = 6,85%

(e). C8, BBB = r* + IP8 + MRP8 + DRP + LP

= 3% + 3,25% + 0,7% + 1,3% + 0,5%

= 8,75%

(f). T9 = r* + IP9 + MRP9

7,3% = 3% + IP9 + MRP9

IP9 = 3,5%

3,5% = (3 x 2% + 5 x 4% + X) : 9

31,5% = 6% + 20% + X

5,5% = X

X = inflasi pada tahun ke-9 = 5,5%

 

02: Teori ekspektasi murni

Imbal hasil surat berharga pemerintah satu tahun adalah 6 persen, efek 2 tahun memberikan imbal hasil 6,2 persen, dan 3 tahun sebesar 6,3 persen. Tidak ada premi risiko jatuh tempo.

Dengan menggunakan teori ekspektasi, hitunglah pengembalian investasi dari surat-surat berharga berikut ini:

  1. Sekuritas satu tahun, 1 tahun dari saat ini.
  2. Efek 1 tahun dengan durasi waktu dua tahun dari sekarang.
  3. Sekuritas 2 tahun dengan waktu 1 tahun dari sekarang.

Jawaban dan pembahasan pertanyaan:

T1 = 6% ; T = 6,2% ; T3 = 6,3% ; MRP = 0

(a). Imbal hasil sekuritas 1 tahun, dengan periode waktu satu tahun dari sekarang akan dihitung sebagai berikut:

2 x 6,2% = 6% + X
12,4% = 12,4% + X
X = 6,4%

(b). Pengembalian investasi surat berharga satu tahun, dua tahun dari saat ini dihitung sebagai berikut:

3 x 6,3% = 2 x 6,2% + X
18,9% = 12,4% + X
X = 6,5%

(c). Hasil investasi efek 2 tahun, 1 tahun dari sekarang akan dihitung sebagai berikut:

3 x 6,3% = 6% + 2X
18,9% = 6% + 2X
12,9% = 2X
X = 6,45%

>> Pelajari juga contoh soal dan jawaban teori akuntansi.

 

C: Contoh Soal Manajemen Keuangan Lanjutan

01: Contoh soal manajemen keuangan tentang obligasi

Imbal hasil saat ini dan ketika jatuh tempo

Suatu obligasi memiliki nilai pari 1.000, waktu 10 tahun sampai jatuh tempo, kupon tahunan 7%, dan dijual pada harga 985.

Pertanyaannya:

  1. Hitunglah imbali hasil saat ini
  2. Berapakah nilai pengembalian investasi ketika jatuh tempo (YTM)?
  3. Asumsikan imbal hasil saat jatuh tempo tetap konstan untuk 3 tahun ke depan, menjadi berapa harga tiga tahun dari sekarang?

Jawaban:

  1. 7,11%
  2. 7,22%
  3. 988,46

 

02: Contoh soal pengembalian investasi obligasi

Obligasi suatu perusahaan memiliki jatuh tempo 10 tahun dengan nilai pari 1.000 , kupon semesteran 8 persen bisa ditebus dalam jangka waktu 5 tahun dengan nilai sebesar 1.050, dan saat ini dijual pada harga sebesar 1.100.

Berapa besarnya pengembalian pada saat jatuh tempo dan saat ditebus? Berapakah imbal hasil yang seharusnya diharapkan akan diterima oleh investor atas obligasi ini?

Jawaban :

YTM = 6,62% ; YTC = 6,49% ; Imbal hasil yang paling mungkin = 6,49%

 

03: Soal valuasi obligasi

Seorang investor memiliki dua obligasi di dalam portofolionya, obligasi C dan Z. Setiap obligasi jatuh tempo dalam waktu 4 tahun, memiliki nilai pari 1.000 , dan memiliki imbal hasil ketika jatuh tempo sebesar 9,6%.

Obligasi C membayarkan kupon tahunan sebesar 10%, sedangkan obligasi Z adalah kupon obligasi nol.

Pertanyaaan:

Jika nilai imbal hasil saat jatuh tempo dianggap tetap, yaitu sebesar 9,6% selama 4 tahun ke depan, hitunglah harga obligasi pada tahun-tahun berikutnya sampai jatuh tempo, maka isilah tabel berikut ini:

Daftar harga obligasu saat jatuh tempo.

Jawaban:

C0 = 1.012,79 ; Z0 = 693,04

C1 = 1.010,02 ; Z1 = 759,57

C2 = 1.006,98 ;  Z2 = 832,49

C3 =  1.003,65 ;  Z3 = 912,41

C4 = 1.000 ;  Z4 = 1.000

 

04: Soal materi manajemen keuangan tentang imbal hasil waktu penebusan

Enam tahun yang lalu, PT Kalisekti menerbitkan obligasi 20 tahun dengan tingkat kupon tahunan 14% pada nilai pari 1.000. Obligasi tersebut memiliki premium penebusan 9% dengan 5 tahun perlindungan pembelian kembali.

Sekarang, PT Kalisekti membeli obligasi tersebut kembali. Hitunglah tingkat pengembalian yang direalisasikan untuk seorang investor yang membeli obligasi ketika obligasi tersebut diterbitkan dan memegangnya sampai ditebus.

Jawaban: 15,03%

 

05: Soal risk and return manajemen keuangan

PT Kalen Indah memiliki obligasi beredar dengan sisa waktu 9 tahun sampai jatuh tempo. Obligasi tersebut memiliki tingkat kupon tahunan 8% dan diterbitkan satu tahun dengan nilai parinya sebesar 1.000

Karena adanya perubahan tingkat bunga, harga pasar obligasi turun menjadi 901,40. Tingkat pengembalian hasil keuntungan modal tahun lalu adalah – 9,86 persen.

Pertanyaannya:

  1. Berapakah imbal hasil ketika obligasi jatuh tempo?
  2. Hitunglah perkiraan pengembalian hasil saat ini dan perkiraan imbal hasil keuntungan modal untuk tahun depan?

Jawaban:

  1. YTM = 9,69%
  2. CY = 8,875% ; CGY = 0,816%

 

06: Contoh soal studi kasus manajemen keuangan

Pada tanggal 1 Januari 2022, Pak Indra sedang mempertimbangkan untuk membeli obligasi beredar yang diterbitkan pada tanggal 1 Januari 2020. Obligasi tersebut memberikan kupon tahunan 9,5% dan waktu jatuh tempo awal 30 tahun. Obligasi jatuh tempo pada tanggal 31 Desember 2049.

Ada ketentuan penebusan dalam waktu 5 tahun, di mana setelah itu obligasi tersebut bisa ditebut pada 109% dari nilai pari atau 1.090.

Tingkat bunga menurun sejak obligasi pertama kali diterbitkan, dan kini dijual pada harga 116,575% dari nilai pari atau 1.675.75.

Pertanyaan:

  1. Berapa nilai imbal hasil ketika jatuh tempo:
  2. Hitunglah pengembalian hasil saat penebusan?

Jawaban:

  1. YTM = 8%
  2. YTC = 6,1%

 

D: Materi tentang Risk and Return (Risiko dan Tingkat Pengembalian)

Perhatikan beberapa contoh soal manajemen keuangan pendidikan materi tentang risiko dan tingkat pengembalian serta keputusan investasi:

01: Beta portofolio

Pak Tono memiliki dana sebesar 35.000 yang diinvestasikan  pada saham dengan nilai beta sebesar 0,8 dan 40.000, lainnya diinvestasikan pada saham dengan nilai beta 1,4. Bila investasi ini adalah satu-satunya di dalam portofolio, berapa beta portofolio?

Jawaban: bp = 1,12

 

02: Contoh soal dan jawaban manajemen keuangan tentang saham

Bila dianggap tingkat bebas risiko adalah 5% dan premi risiko pasar adalah 6%. Hitunglah pengembalian yang diharapkan untuk pasar saham secara keseluruhan? Berapa tingkat pengembalian investasi yang diminta atas saham dengan beta sebesar 1,2?

Jawaban: RM = 11% ; r = 12,2%

 

03: Pengembalian yang diharapkan

Saham X dan Y memiliki distribusi probabilitas pengembalian yang diharapkan di masa depan sebagai berikut:

Tabel probabilitas imbal balik

Pertanyaan:

  1. Hitunglah tingkat pengembalian yang diharapkan. ry, untuk saham Y (rx = 12%)
  2. Berapa standar deviasi pengembalian yang diharapkan, x untuk saham X (y = 20,35%).
  3. Hitunglah koefesien variasi untuk saham Y mungkinkah sebagian besar investor akan melihat saham Y yang memiliki risiko lebih kecil dibandingkan saham X.

Jawaban:

  1. 14%
  2. x = 12,20%

 

04: Ruang lingkup manajemen keuangan tentang koefesien beta

Berdasarkan informasi berikut ini, tentukan koefesien beta untuk saham J yang konsisten dengan ekuilibrium, rj = 12,5% ; rRF = 4,5% ; rM = 10,5%.

Jawaban: b = 1,33

 

05: Contoh Soal Materi Manajemen CAPM dan Pengembalian yang diminta

PT Pasegeran memiliki beta sebesar 1,45, sedangkan, PT Hutanku memiliki beta sebesar 0,85. Tingkat pengembalian yang diminta suatu dana terindeks yang memiliki pasar saham secara keseluruhan adalah 12%. Tingkat bunga bebas risiko adalah 5%.

Seberapa besar pengembalian yang diminta dari PT Pasegeran melebihi pengembalian yang diminta PT Hutanku?

Jawaban: 4,2%

 

06: Portofolio saham

Pak Doni memiliki portofolio terdiversifikasi yang terdiri atas investasi senilai 7.500 pada masing-masing 20 saham biasa yang berlainan.

Beta portofolio adalah 1.12. Saat ini, bila Pak Doni memutuskan untuk menjual salah satu saham dalam portofolionya dengan beta sebesar 1 untuk 7.500 dan menggunakan hasil penjualannya untuk membeli saham lain yang nilai betanya 1,75, berapakah beta portofolio yang baru saat ini?

Kunci jawaban: bN = 1,16

 

07: Soal manajemen keuangan tentang CAPM

Pak Eko telah mengelola portofolio senilai 5 juta yang memiliki nilai beta sebesar 1,2 dan tingkat pengembalian yang diminta adalah 12%. Tingkat bebas risiko saat ini adalah 5,25%. Diasumsikan Pak Eko menerima tambahan 500.000.

Jika Pak Eko menginvestasikan dana tersebut pada suatu saham yang nilai betanya 0,75%. Berapakah tingkat pengembalian yang diminta untuk portofolio Pak Eko yang nilainya saat ini adalah 5,5 juta?

Jawaban: 11,75

 

08: Contoh Soal tentang Saham dan valuasinya

Jono & Brother diharapkan membayar dividen sebesar 0,50 per saham pada akhir tahun (D = 0,50). Dividen diperkirakan tumbuh pada tingkat konstan sebesar 7% per tahun. Tingkatpengembalian investasi yang diminta atas saham adalah 15 persen.

Pertanyaannya: Hitunglah nilai saham per lembar.

Jawaban : 6,25

 

09: Soal manajemen keuangan materi valuasi pertumbuhan non konstan

PT Makmur Mulia Jaya membayar dividen sebesar 1,25. Perusahaan diperkirakan mengalami pertumbuhan non konstan sebesar 20% selama dua tahun, diikuti seterusnya oleh tingkat konstan 5%. Tingkat pengembalian yang diminta perusahaan adalah 10%.

Pertanyaan:

  1. Berapa nilai horizon atau nilai akhir perusahaan?
  2. Hitunglah nilai intrinsik perusahaan hari ini?

Jawaban:

  1. 37,80
  2. 34,09

 

10: Contoh soal valuasi saham preferen

PT Kali Brukah memiliki saham preferen perpetual beredar yang dijual pada harga 60 per lembar dan membayar dividen sebesar 5 setiap akhir tahun. Berapakah tingkat pengembalian yang diminta?

Jawaban: 8,33%

 

Kesimpulan

Cara terbaik untuk memperoleh nilai yang baik dalam menjalani UTS dan UAS adalah mempersiapkan diri secara baik melalui belajar dan berlatih. Dan beberapa contoh soal yang telah disajikan ini semoga bisa menjadi bahan pembelajaran dan latihan menghadapi pertanyaan, soal dan kasus materi manajemen keuangan.

Demikian contoh-contoh soal ruang lingkup dan materi manajemen keuangan yang bisa disajikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Halo, saya seorang profesional bidang Finance & Accounting yang setiap hari berkutat dengan data-data serta angka. Siap mendampingi dan membuatkan Laporan Keuangan Bisnis Anda sesuai Standar Akuntansi Keuangan.

SOP Keuangan